Headlines News :
Home » » Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU): Anti-Perbedaan Bukan Ciri Dakwah NU

Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU): Anti-Perbedaan Bukan Ciri Dakwah NU

JAKARTA - Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) menegaskan, ciri penting dakwah NU adalah berpijak pada prinsip rahmatan lil ’alamin (cinta kasih pada semua). Sikap anti-perbedaan dianggap keluar dari semangat ini.

Demikian disampaikan Sekretaris Pengurus Pusat LDNU H Nurul Yakin Ishaq di Jakarta, Jumat (9/2). Menurut dia, bagi NU perbedaan merupakan keniscayaan di negeri ini sehingga tak seyogianya diusik begitu saja.

Yakin menjelaskan, tugas syiar agama harus sejalan dengan semangat membina umat yang mengutamakan akhlak terpuji (akhlaqul karimah). Jangan sampai dakwah justru kontraproduktif dengan misi merekatkan kerukunan masyararakat.

”Artinya dakwah harus dilaksanakan dengan sejuk dan harmoni dan karena itu menghargai perbedaan-perbedaan yang ada,” ujarnya.

Soal cara, Yakin menambahkan, LDNU berpegang pada model dakwah yang lembut tanpa kekerasan. Cara kekerasan dinilai justru sebagai kendala bagi proses pencerahan dan penyadaran.

”Karena prinsipnya, kami berkeyakinan mengatasi kemungkaran harus dengan tidak menimbulkan kemungkaran yang baru,” tandasnya.(*/)

Sumber : NU Online
Share this article :
 
||
||
PCNU KOTA BALIKPAPAN - KALIMANTAN TIMUR © 2013-2014 | ALL RIGHT RESERVED
Supported : Madinatul Iman Media Group and Maskoli