Headlines News :
Home » » Ikhtifal Akhirussanah ke-35 Pesantren An-Nawawi Bagikan Beasiswa

Ikhtifal Akhirussanah ke-35 Pesantren An-Nawawi Bagikan Beasiswa

PURWOREJO - Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Gebang Purworejo menggelar haflah Akhirussanah ke-35 dan Haul Muassis, Selasa (25/6). 75 santriwan santriwati mengikuti khataman Al-Qur’an Binnadlor. Ssedangkan 36 santriwan santriwati lainnya mengikuti khataman Tafsir Jalalain, Alfiyyah Ibnu Malik, Fatkhul Mu’in dan Fatkhul Wahab.

Pada kegiatan tersebut juga dibagikan beasiswa kepada puluhan santri berprestasi dan 6 santriwan santriwati teladan. Beasiswa tersebut diserahkan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, KH Ahmad Chalwani Nawawi.

Kyai Chalwani dalam sambutannya menyesalkan kurikulum pelajaran sejarah disekolah-sekolah yang tidak pernah  menyinggung peran santri dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan.

Kyai yang juga mantan DPD Jateng ini mencontohkan, Abdul Hamid yang kemudian dikenal dengan Pangeran Diponegoro ini pernah belajar ngaji Al-Qur’an kepada Simbah Kiai Baidhowi Bagelen Purworejo.

“Oleh guru-guru sekolahan, hal-hal seperti ini tidak pernah disampaikan kepada para murid, karena memang tidak ada dalam kurikulum. Masih banyak tokoh-tokoh besar lainnya yang riwayat sejarah tentang pendidikannya dipesantren tidak pernah disinggung.”tuturnya.

Raden Ajeng Kartini, lanjut Kiai Chalwani, beliau juga pernah mengaji al-Qur’an kepada Syech Soleh, Darat Semarang. “Bahkan Kartini pulalah yang meminta Mbah Soleh untuk menterjemahkan Al-Qur’an dalam bahasa Jawa.”imbuhnya.

Kegiatan yang digelar dihalaman gedung pendidikan An-Nawawi tersebut dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai daerah. Mereka merupakan para kyai, habaib, alumni, wali santri dan masyarakat umum.

Selain itu tampak pula hadir dalam kesempatan tersebut Bupati, Kapolres dan sejumlah pejabat pemda serta muspika kecamatan Gebang.

Redaktur      : Syaifullah Amin
Kontributor : Lukman Hakim
Share this article :

0 comments:

Tulis komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik, jaga sopan-santun dan sertakan Identitas secara jujur.

Terima kasih atas pengertian Anda ! Junjung tinggi Akhlaqul Karimah

 
||
||
PCNU KOTA BALIKPAPAN - KALIMANTAN TIMUR © 2013-2014 | ALL RIGHT RESERVED
Supported : Madinatul Iman Media Group and Maskoli